Pages

Kamis, 06 April 2017

Motivasi



Dalam pengajaran, motivasi merupakan aspek yang sangat penting, komponen utama dari prinsip psikologi learned center. Motivasi adalah proses yang member semangat , arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energy, terarah dan bertahan lama.

Perspektif Motivasi
ü Behavioral
ü Humanistik
ü Kognitif
ü Sosial

Perspektif Behavioral
·         Menekankan pada imbalan dan hukuman eksternal sebagai kunci menentukan motivasi
·         Motivasi murid sebagai konsekuensi dari intensif eksternal
·         Insentif adalah peristiwa atau stimuli positif atau negative yang dapat memotivasi perilaku murid
·         Insentif dapat menambah menit atau kesenangan pada pelajaran dan mengarahkan perhatian pada perilaku yang tepat dan dapat menjauhkan dari perilaku tidak tepat.
·         Bentuk insentif: nilai yang baik, pujian, dan penghargaan.

Perspektif Humanistik
o   Menekankan pada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian , kebebasan untuk memilih nasib sendiri.
o   Berkaitan dengan pandangan Abraham Maslow bahwa kebutuhan dasar tertentu harus dipuaskan terlebih dahulu sebelum memuaskan kebutuhan yang lebih tinggi.
o   Hirarki Kebutuhan (kebutuhan fisiki, keamanan, cinta, dan rasa memiliki, harga diri, aktualisasi diri).

Perspektif Kognitif
§  Menekankan pemikiran murid akan memandu mereka, dan juga arti penting dari penentuan tujuan, perencanaan dan monitoring kemajuan menuju suatu tujuan.
§  Perspektif kognitif bertentangan dengan behavioral. Perspektif ini berpendapat bahwa tekanan eksternal seharusnya tidak dilebih lebihkan .
§  Murid meraih prestasi tinggi bukan karena kebetulan biologis tapi karena mempunyai motivasi internal untuk berinteraksi dengan lingkungan secara efektif.
Perspektif Sosial
Ø  Kebutuhan afiliasi atau keterhubungan adalah motivasi untuk berhubungan dengan orang lain secara aman, membutuhkan pembentukan, pemeliharaan, dan pemulihan hubungan personal yang hangat dan akrab.
Ø  Kebutuhan afiliasi murid tercermin dalam motivasi mereka untuk menghabiskan waktu bersama teman, keterkaitan dengan orangtua, dan keinginan untuk menjalin hubungan yang positif dengan guru.
Ø  Murid yang mempunyai hubungan yang penuh perhatian dan supportif biasanya memiliki sikap akademik yang positif dan lebih senang bersekolah.
Ø  Salah satu faktor terpenting dalam motivasi dan prestasi murid adalah persepsi mereka mengenai apakah hubungan mereka dengan guru bersifat positif atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Pinterest