A. Apa itu Tes Standar?
Tes standar atau tes yang dibakukan mengandung prosedur yang seragam untuk menentukan nilai dan administrasinya. Tes standar bisa membandingkan kemampuan murid dengan murid lain pada usia dan level yang sama, dan dalam banyak kasus perbandingan inni dilakukan dalam tingkat nasional.
Apa bedanya tes standar dan tes yang dibuat oleh guru? Soal tes buatan guru cenderung difokuskan pada tujuan instruksional untuk kelas tertentu. Sedangkan tes standar mencakup berbagai materi yang lazimnya diajarkan di kebanyakan kelas. Perbedaan lain antara tes standar dan tes buatan guru adalah banyak tes standar yang memiliki aturan umum dan kebanyakan telah dievaluasi validitas dan reliabilitasnya.
B.Tujuan Tes Standar
Memberikan informasi tentang kemajuan murid
Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan murid
Memberikan bukti untuk penempatan murid dalam program khusus
Memberikan informasi untuk merencanakan dan meningkatkKeadilan
jaran atau instruksi
Membantu administrator mengevaluasi program
Memberikan akuntabilitas
C. Kriteria untuk Mengevaluasi Tes Standar
* Norma, kelompok dari individu yang sama yang sebelumnya telah diberi ujian oleh penguji
Validitas, sejauh mana sebuah tes mengukur apa yang hendak diukur dan apakah inferensi tentang nilai tes itu akurat atau tidak.
* Validitas isi, kemampuan tes untuk mencakup sampel (to sample) isi yang hendak diukur.
Validitas kriteria, kemampuan tes untuk memprediksi kinerja murid saat diukur dengan penilaian atau kriteria lain.
* Concurrent validity, relasi antara nilai tes dengan kriteria lain yang ada saat ini.
* Predictive validity, relasi antara nilai tes dengan kinerja masa depan murid.
* Construct validity, sejauh mana ada bukti bahwa sebuah tes mengukur konstruk tertentu. Sebuah konstruk adalah ciri atau karakteristik yang tidak bisa dilihat dari seseorang, seperti intelegensi (kecerdasan), gaya belajar, personalitas, atau kecemasan.
* Reliabilitas, sejauh mana sebuah prosedur tes bisa menghasilkan nilai yang konsisten dan dapat direproduksi.
* Test-retest reliability, sejauh mana sebuah tes menghasilkan kinerja yang sama ketika seorang siswa diberi tes yang sama dalam dua kesempatan yang berbeda.
* Alternative-forms reliability, reliabilitas ditentukan dengan memberikan bentuk yang berbeda untuk kelompok murid yang sama dan mengamati seberapa konsistenkah skornya.
* Split-half reliability, reliabilitas yang dinilai dengan membagi item tes menjadi dua bagian, seperti item bernomor genap dan ganjil. Nilai pada dua set item itu dibandingkan guna menentukan seberapa konsistenkah kinerja murid di kedua set itu.
* Keadilan. Tes yang adil (fair) adalah tes yang tidak bias (unbiased) dan tidak diskriminatif (McMillan, 2001).
D.Jenis-jenis Tes Prestasi Standar
· Survei Batteries
· Tes untuk subjek spesifik.
· Tes diagnostik, terdiri dari evaluasi area pembelajaran spesifik secara relatif mendalam.
PERAN GURU
- Mempersiapkan murid untuk mengikuti tes standar
- Menjalankan tes standar
- Memahami dan menginterpretasikan hasil tes
Memahami Statistik Deskriptif
Statistik deskriptif, prosedur matematika yang dipakai untuk mendeskripsikan dan meringkas data (informasi) dengan cara yang bermakna.
Distribusi Frekuensi
Distribusi frekuensi, sebuah daftar nilai biasanya terdiri dari yang tertinggi ke yang terendah, bersama dengan beberapa kali nilai itu muncul.
Histogram, distribusi frekuensi dalam bentuk grafik.
Pengukuran Tendensi Sentral
Tendensi sentral, statistik yang memberikan informasi tentang rata-rata atau nilai tipikal pada seperangkat data.
Mean, rata-rata numerik dari sekelompok nilai.
Median, nilai yang berada tepat di tengah-tengah distribusi nilai setelah nilai-nilai itu disusun (atau diurutkan) dari nilai tertinggi ke terendah.
Mode, nilai yang paling sering muncul.
Pengukuran variabilitas, ukuran yang memberi tahu kita tentang seberapa besar nilai bervariasi dari satu nilai ke nilai lainnya.
Range, selisih antara nilai tertinggi dan nilai terendah.
Standar deviasi, ukuran seberapa banyak satu set nilai bervariasi pada rata-rata diseputar mean nilai.
0 komentar:
Posting Komentar